Jumat, 02 Juli 2010

Langkah Kecil Untuk Sukses

Oleh : Arief Maulana

Langkah kecil untuk sukses, agenda, list to doLakukan ini dengan konsisten …

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan kiriman email dari Andrie Wongso, Sang Motivator No.1 Indonesia (saya subscribe email di webnya). Di email tersebut beliau mengingatkan saya satu hal penting yang sering dilupakan oleh banyak orang dalam menempuh perjalanan suksesnya. Apa itu? HARI INI.

Sukses adalah sebuah perjalanan panjang yang melelahkan baik itu secara fisik, pikiran, maupun mental. Dan perjalanan itu tidak akan terjadi bila tidak dimulai dengan hari ini. Pertanyaannya seberapa efektifkah Anda menghabiskan waktu hari ini? Biar gampang kita mulai dengan renungan singkat, hehehe…

Ketika Anda bangun tidur pagi tadi, sudahkan Anda memikirkan apa yang akan Anda lakukan selama 24 jam kedepan? Ataukah Anda hanya mengalir saja dalam menjalani kegiatan selama seharian ini.

Mengapa saya menanyakan ini, tidak lain karena kebanyakan orang menjalani hari-harinya tanpa sebuah perencanaan yang matang. Akhirnya yang terjadi adalah hari itu habis dengan kegiatan yang tidak terfokus (tidak jelas arahnya) dan cenderung tidak efisien. Kalo ini terjadi produktivitas kerja pun menurun.

Anda pernah ngga mendengar ungkapan, ”Keputusan Anda hari ini, akan menentukan dimana dan bagaimana keadaan Anda 2-3 tahun ke depan…”. Kalau Anda punya side job MLM, kata-kata ini akan terdengar familiar sekali. Tapi kalau kita renungkan ya ada benarnya juga. Bukankah kondisi kita saat ini adalah hasil dari semua tindakan dan keputusan kita 2-3 tahun yang lalu.

Artinya apa, ketika Anda memutuskan untuk memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik ke depannya, maka Anda harus memulainya dari hari ini. Satu-satunya cara untuk meramal masa depan adalah dengan menciptakannya, dan itu dimulai dari hari ini.

Nah, langkah sederhana apa yang saya maksudkan untuk mengefektifkan hari ini? BUATLAH LIST TO DO atau LIST KEGIATAN YANG HARUS DILAKUKAN. Buatlah beserta dengan waktu pelaksanaannya. Sederhana bukan? Namun langkah kecil dan sederhana ini ternyata memiliki manfaat besar yang juga akan menunjang kesuksesan kita. Apa itu?
Membuat Kerja Menjadi Fokus

Dengan list ini kerja akan lebih fokus karena Anda tahu apa saja yang harus Anda lakukan dan seberapa penting aktivitas itu. Bukankah dalam membuat list to do kita juga memikirkan kira-kira apa saja yang perlu kita lakukan selama satu hari ini.

Semua yang akan Anda lakukan sudah terstruktur dengan rapi. Anda tidak perlu lagi kehilangan energi sia-sia hanya untuk memikirkan apa yang akan Anda lakukan bila satu pekerjaan sudah selesai. Dan ini adalah gaya kerja para manajer sukses di perusahaan. Tahu dari mana mas? Saya punya kenalan mantan manajer PT. Alstom Power yang sekarang pindah jadi manajer di HSBG. Jadi kadang-kadang kalau ketemu beliau suka sharing sama saya.
Mengefisienkan Waktu Kerja

Dari segi pengaturan waktu kegiatan, list ini akan sangat membantu Anda. Dalam membuat list ini, Anda bisa mengatur sendiri perkiraan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk setiap unit aktivitas. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan setiap waktu yang ada.

Saya yakin, dengan list to do ini akan kelihatan sekali nantinya bahwa ternyata banyak sekali waktu-waktu non produktif yang kita habiskan dalam satu hari. Andai itu diubah menjadi aktivitas yang produktif tentu akan luar biasa hasilnya.

Ingat, Allah memberikan waktu yang sama untuk semua orang (24 jam). Namun, yang membedakan antara orang sukses dan orang gagal adalah bagaimana cara mereka memanfaatkan dan mengelola waktunya.
Membiasakan Diri Bekerja Dengan Target / Goal

Hampir semua orang sukses di dunia ini bekerja dengan goal / target {visi itu penting}. Mereka mengetahui dengan jelas apa saja goal-goal yang harus mereka capai untuk bisa menjadi orang sukses. Mereka membuat goal bertahap mulai dari goal harian, goal bulanan, dan goal tahunan. Disamping itu mereka juga konsisten dalam setiap usaha untuk mencapai goalnya. Itulah yang membuat perjalanan sukses mereka mencapai finish.

Nah, dengan membuat list to do sama artinya dengan Anda membiasakan diri untuk melakukan kebiasaan orang sukses, yaitu membuat goal harian yang harus Anda capai. Bagaimana merancang goal yang efektif silahkan baca disini.
Memudahkan Anda Berprestasi

Ini masih erat kaitannya dengan efisiensi waktu kerja (point pertama). Ketika Anda bisa bekerja dengan efektif dan mengubah waktu non produktif menjadi lebih produktif maka biasanya hal itu secara otomatis akan meningkatkan kinerja yang optimal.

Kalau sudah begitu, apa ngga senang atasan Anda? Tentu dia akan memberikan nilai plus untuk Anda. Kalo udah gitu, siap-siap aja. Begitu ada promosi, peluang Anda untuk masuk besar sekali. Tapi jangan lupa imbangi dengan pengembangan diri Anda {pengembangan diri itu penting}.

Ternyata manfaat dan keuntungan dari membuat List To Do ini begitu besar bukan. Dan tahukah Anda untuk memperoleh semua manfaat besar itu yang Anda butuhkan hanyalah 10 – 15 menit saja setiap hari.

Buatlah daftar ini di malam hari ketika Anda akan beranjak tidur. Jadi keesokan harinya, Anda sudah bisa beraktivitas sesuai dengan program Anda. Lakukan kebiasaan ini secara konsisten selama 30 hari penuh (jangan absen). Maka hari ke-31, Anda akan melihat hasilnya.

Hari kemaren adalah cek yang sudah dicairkan. Hari esok adalah cek yang belum diberikan. Dan HARI INI adalah kesempatan terbaik Anda untuk memperbesar Cek yang akan Anda dapatkan esok.

Kita tidak pernah tahu apakah hari esok akan datang lagi sebagaimana ”hari ini” yang telah Anda habiskan. Maka rencanakan masa depan Anda dengan matang.

Kesimpulannya waktu Anda hanya HARI INI. Lakukan yang terbaik HARI INI. Bersemangatlah mulai HARI INI. Milikilah kehidupan bahagia Anda mulai HARI INI.

Selamat mencoba, semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses,
Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar